Minang rasa Jawa

       "Mba jawa mana?"
       "Maaf mba saya bukan dari Jawa saya asli Padang.." Menjawab dengan setengah tersenyum.
       "Loh,tapi kok nggak ada tampang tampang Padang nya,.beneran asli Padang? Ada turunan Jawa nya kali" Sambil memandang saya dari ujung kaki ke ujung kepala.
       "Saya asli Padang,ayah ibu asli padang ,nenek kakek juga asli nggak tau kalo buyut saya,tapi setau saya kami sekeluarga sudah turun temurun menjadi orang Padang.."
       Saya sudah tidak bisa mengingat lagi berapa kali percakapan ini terjadi. Yang pasti hal ini bermula ketika saya pertama kali merantau ke Ibu Kota. Ketika pertama berkenalan dengan orang baru pasti saya akan mendapat pertanyaan seperti itu.
       Awal nya sih saya merasa biasa aja dan menjawab dengan sabar diiringi senyum termanis yang saya punya. Tapi lama kelamaan kok rasanya gimana gitu? Sebenarnya apa yang salah dengan tampang dan penampilan saya sehingga orang orang selalu menyangka saya dari Jawa dan tidak percaya kalau saya asli Padang (baca : Minang).
       Jadi ketika suatu saat saya berkenalan lagi dengan orang baru,seperti yang saya perkirakan percakapan diatas terulang kembali. Kali ini saya mengajukan pertanyaan yang sudah menghantui saya.
       "Apa yang membuat mba yakin banget kalau saya orang Jawa bukan Padang?" Kalian tau jawaban nya? Sumpah jawaban nya membuat saya benar benar tidak bisa berkata kata.
       "Soalnya muka mba Jawa banget,trus bahasa nya juga nggak ada logat logat Padang nya sama sekali. sama kulit nya mba,biasanya orang Padang itu putih putih..." Gubraaaaaaaakk. Ini nih yang saya nggak habis pikir sampai sekarang. Emang bener kulit nya orang Minang putih putih?
Tolong bantu saya mencari kebenarannya ya!!!
        Untuk bahasa memang saya akui. Saya tidak punya logat,saya bahkan tidak bisa menirukan bagaimana logat Padang jika diminta. Jangan salah,ketika saya berbicara bahasa ibu,saya akan kembali ke logat asli saya. Hanya ketika harus berbahasa indonesia saya tidak punya logat. Itu termasuk salah satu kekurangan saya,saya susah beradaptasi kalau berhubungan dengan bahasa. Saya bisa dan mengerti tapi saya tidak bisa menggunakan nya sesuai dengan logat asli nya.
        Kembali ke urusan Minang Jawa tadi,dulu saking setiap perkenalan saya selalu disangka Jawa saya jadi kepikiran untuk mengganti suku saja. Ide yang konyol banget. Yaaa,bagaimana lagi kan biar saya nggak capek menjelaskan panjang lebar lagi kalo saya bukan Jawa. Tinggal jawab Jogja,Semarang atau Malang.
        Bukan nya merasa sentimen atau bagaimana disangka orang Jawa tapi kan kita juga punya kebanggaan tersendiri kepada kampung halaman kita.Rasa pengen diingat nya kita berasal dari mana. Pasti yang orang Jawa juga bakalan membantah jika disangka berasal dari Kalimantan tapi bakalan senang jika disangka orang Jerman. Lol!!
       Yang paling membuat saya jengkel dan merasa ya elaah banget adalah ketika saya datang ke Rumah Makan Padang. Saya sudah dengan fasih nya menggunakan bahasa Padang tapi masih sempat si uda nya nanya saya dari Jawa mana dan ngomong bahasa Padang saya fasih banget. Rasanya pengen nelen lidah sendiri,angkat sendal dan lempar ke got terdekat.Hufffff
       Sampai sekarang saya merantau semakin jauh ke wilayah timur saya masih mendapatkan pertanyaan yang sama. Hanya saja disini saya bisa maklum. Disini sekarang saya merasa lebih Minang lagi karena semua teman rata rata memanggil saya dengan sebutan uni begitu mereka tau saya dari Padang. Sekarang saya bahkan sangat jarang mendengar nama panggilan saya disebut . Saya tidak keberatan karena memang tidak terlalu suka sengan panggilan saya sendiri. Kualat juga ini lama lama,hehehe. Bukan nya tanpa alasan,nama panggilan saya sangat mainstream. Saya tidak suka yang mainstream.

Marisa,si gadis Minang yang selalu disangka berasal dari Jawa
           Nah,bagi emak emak ODOP dan yang lainnya,memang betul kah tampang saya Jawa banget??
(masih penasaran ceritanya)

       

Komentar

  1. Ahahahaha..... Ada teman satu rasa ternyata.
    Aku yang asli melayu Riau sllu disangka orang jawa.. Belanja di pasar udah bela2in pake bahasa daerah tetap aja dipanggil mbak dan pertanyaan2 aku dijawab pake bahasa Indonesia Raya di kira aku g pandai bahasa daerah Riau...

    Tapi alasan org yang sangka aku jawa cukup menyejukkan kalbu "kata mereka aku manis"

    #eaaaaa jadicurcol

    Hahahahaha

    BalasHapus
  2. Hahhaa...Uni Riesa, sering aja makan sambalado..biar minang nya kliatan..hehheehe

    BalasHapus
  3. Latiah teh nyah ni.. manjawek pertanyaan urang nan indak paham.. indak ado muko ni jawa doh. Indak sado alahe urang minang tu putiah. Contohe awak. Kalam juo nyah..😀😀😀

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alor,Heaven On Earth (Part 1)

Sahabat Alor, Tulta dalam Senyuman

1000 Buku Untuk Alor