All About Me

      Me,my self and i
      Solo ride until i die
      'Cause i got me for life
      Oh i don't need a hand to hold
      Even when the night is cold
      I got that fire in my soul

       Lagu ini masih terngiang di telinga ketika saya mendapatkan pesan WA dari Audrey bahwa saya adalah pemenang arisan blog minggu ini. Ditengah rapat evaluasi komunitas #SeribuSepatu kami yang phase pertama nya telah kami tutup,WA dari audrey membuat saya agak terhenyak. Saya keluar sebagai pemenang arisan minggu ini!!! Tidak tau bagaimana perasaan saya menjadi pemenang ini.
      Baiklah,sebagai pemenang dari arisan ODOP sesuai peraturan saya harus menuliskan cerita tentang diri saya sendiri. Here we are!!
      Kenalkan,my name is Marisa. You can call me Marisa,Riesa,Icha or Uni. Jangan khawatir jika dipanggil dengan salah satu nama tersebut saya inshaallah nengok kok. Saya nggak akan celingak celinguk kiri kanan,seolah olah tidak tau dan sok sombong deh pokoknya.Hohoho. I came from Minang (baca : Padang). Pure! Nggak ada campuran nya sama sekali.
      I was born in Bonjol,March 31th.Should i write the year too?! Yuppss. Oh oke,this March 31th im going to celebrate my 28th birthday. Udah tua ya,jadi udah bisa nebak lah ya saya lahir tahun berapa. Kalau kamu nggak tau bonjol dimana,itu tempat asalnya salah satu pahlawan negeri ini,Tuanku Imam Bonjol. Saya satu kampung dengan salah satu pahlwan negeri ini. Hanya beda desa saja,saya di Madang Ganggo Mudiak sedangkan Tuanku Imam Bonjol di Tanjung Bungo,Ganggo Hilia. Lah kok jadi kesini?
      Selayaknya orang yang berasal dari Minang,sekarang saya sedang melakukan apa yang namanya merantau.Saya sudah meninggalkan kampung halaman sejak saya lulus dari Sekolah Menengah Atas,tahun 2006.Jadi sudah lebih kurang 10 tahun saya meninggalkan rumah. Tahun 2006 begitu lulus saya langsung menuju ibu kota negara dengan niat hati untuk mengikuti seleksi STAN. Hanya saja Allah berkehendak lain,tiga kali saya mengikuti tes STAN ini tiga kali pula saya tidak lulus. Saya juga sempat ikut seleksi STIS dan STSN. Lagi lagi Allah berkehendak lain,alhamdulillah saya juga tidak lulus.
      Sebenarnya saya dulu sempat lulus di Fakultas Teknologi Hasil Pertanian di Universitas Sebelas Maret lewat jalur PMDK tapi entah kenapa waktu itu orang tua tidak memberi izin untuk mengambilnya. Ibu melarang dengan alasan terlalu jauh. Lucunya malah mengizinkan saya ke jakarta padahal segala sesuatu nya belum jelas. Jika diingat sekarang itulah skenario Allah dalam perjalanan hidup saya. Jikalau saya tetap kuliah di UNS mungkin jalan hidup saya akan lain. Mungkin saya tidak akan sampai ke tempat bertugas sekarang dan tidak akan bertemu dengan teman teman Sahabat Alor.
       Setelah berulangkali mencoba untuk ikut seleksi masuk perguruan tinggi ikatan dinas yang ada saya akhirnya menerima keadaan mungkin saya tidak akan  kuliah. Entah kenapa saya waktu itu hanya tertarik dengan sekolah ikatan dinas. Tidak ada terpikir dan terbersit di dalam hati dan pikiran untuk masuk Universitas non ikatan dinas.
       Ketika harapan untuk kuliah mulai menipis,menjadi orang padang sejati menjadi pilihan. Jika kamu sudah membaca tulisan saya sebelum nya tentang 'Anggapan masyarakat umum terhadap orang padang' maka kamu akan mengerti apa yang saya maksud. Yup,berdagang! Berdagang menjadi opsi lain. Akhirnya saya menjalani profesi ini sampai akhirnya saya lulus dalam tes CPNS Kementerian Perhubungan Tahun 2015.
        Ketika pengumuman seleksi CPNS tahun 2015 di buka saya tidak ada niat sama sekali untuk ikut. Saya hanya mencarikan info untuk adik dan sepupu. Hanya saja ketika membuka formasi untuk Kemenhub kebetulan banyak formasi yang persyaratannya lulusan SMA. Teman dan saudara akhirnya membujuk saya untuk ikut. Kapan lagi kesempatan seperti ini akan ada lagi,begitulah kata mereka.
         Akhirnya saya mengisi pendaftaran online nya,lulus sampai akhirnya mengikuti seleksi di BKN Jakarta. Awalnya saya ragu saya bisa lulus mengingat soal soal yang saya baca di buku persiapan lolos CPNS sudah mulai terlalu berat. Secara saya sudah tidak ada mengulang lagi pelajaran kewarganegaraan dan lainnya. Apalagi yang bagian Matematika. Kepala rasanya sudah tidak sanggup lagi untuk mengulangi mempelajari nya.Hehehe.
         Tetapi ketika Allah berkehendak tidak akan ada yang bisa menghalangi nya dan sampai titik ini jalan saya masih mulus. Soal soal di test nya tidak terlalu susah. Saya memperoleh nilai tertinggi untuk tingkat SMA wilayah 3. Yang akhirnya mengantar saya ke Pulau terluar Indonesia ini,Alor.
         Lucu nya ketika lulus saya malah tidak tau sama sekali dimana itu Alor. Ketika mendaftar kita diminta mengisi formasi yang kita inginkan  maksimal 3 pilihan. Kebetulan formasi yang saya pilih sudah ada pilihan tempatnya,Gorontalo,Kariangau dan Kalabahi. Saya tidak tau apa yang menggerakan tangan saya untuk akhirnya memilih Kalabahi. And now,here i am. 3000 miles away from home.Jadi kangen pulang (tiba tiba mellow,hikshiks)
          Saya sangat hobi membaca (sudah bisa ditebak ya),mendengarkan musik walaupun saya buta nada serta fans berat nya AC MILAN. Jika ada yang tidak tau apa itu AC MILAN itu adalah salah satu klub bola raksasa yang berasal dari Italia. 3 hal itu adalah penyemangat dalam hidup saya. Untuk membaca sendiri saya selalu ingat kata kata orang di rumah,dari dahulu itu saya sangat hobi membaca,ketemu potongan koran saja saya langsung baca,tidak peduli itu tentang apa. Saya tidak pilih pilih. Hanya saja saya belum juga dipilih pilih sampai sekarang. Naaa baper kan!!
         Saya rasa sudah menjadi kodrat nya ya ketika kita hobi membaca,menulis juga akan mengikuti. Walaupun mungkin tidak semua nya. Saya sudah mulai menulis sejak Sekolah Menengah Pertama. Cerpen dan Puisi selalu menjadi pilihan. Walaupun tulisan saya hanya sampai sebatas mading sekolah tapi setidak nya waktu itu saya rutin menulis. Pernah satu kali ikut lomba membuat essay tentang pahlawan sayang nya tidak menang. Pertama kali lomba membuat essay.Waah,kalah ini saya sama Audrey. Salut lah buat Audrey bisa nulis essay yang keren banget.
        Sampai SMA saya masih rutin menulis walaupun masih tetap hanya sebatas mading. Jadi malu sama penduduk ODOP yang sudah pada mengelurkan karya masing masing. Harus menjadi motivasi diri ini.Ganbatte!!!!
        Virus malas menulis mulai menghinggapi ketika tahun ketiga lulus dari SMA. Saya tidak tau tapi mungkin waktu itu saya kurang sabar atau lebih fokus dalam mencari sesuap nasi. Entahlah rasanya saya kacau sekali waktu itu. Tidak ada semangat sama sekali. Padahal saya sudah tinggal di jakarta yang notabene nya pasti bisa membuat saya lebih mudah.Sumber bacaan yang jauh lebih banyak untuk di jadikan bahan tulisan atau untuk mencari penerbit.
         Akhirnya 7 tahun berlalu sampai akhirnya saya menemukan kembali pencerahan dalam hidup saya. Ketika saya menemukan tentang ODOP!! Tempat saya menemukan kembali hal yang hilang dalam hidup saya. Tempat yang bukan hanya menjadi tempat belajar tapi juga mencari sahabat satu visi dan misi.
          Daaan hari ini,tepatnya semalam saya mendapat kabar kalau saya menang arisan ODOP yang mengahruskan saya untuk membuat tulisan tentang diri saya sendiri. Jadi bingung juga apa yang mau diceritakan tentang diri ini.Hehehe. Mudah mudahan ini cukup untuk sementara. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan japri aja ya.
          Omyyy,udah jam 7.15!!! sudah saat nya saya berbenah untuk berangkat ke kantor.Bye!!!
       
       
       

Komentar

  1. Wah mbak Risa dari Bonjol, someday saya mau nulis ttg imambonjol.mbak risa mungkin bs cerita ttg info/ referensi d luar buku sejarah yg biasa?:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alor,Heaven On Earth (Part 1)

Sahabat Alor, Tulta dalam Senyuman

1000 Buku Untuk Alor