#1000 Sepatu untuk Anak Anak Alor

       
       Jikalau sebelum nya saya pernah menulis tentang program #1000buku untuk anak anak Alor kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman berbagi sepatu dengan adik adik disini. Kegiatan ini sudah digagas terlebih dahulu oleh beberapa teman yang telah lebih dahulu merantau ke Bumi Kenari. Setelah beberapa bulan mengumpulkan sepatu akhir nya bisa mencapai 600 pasang sepatu yang sudah mulai di distribusikan ke sekolah sekolah ya ng ada di Kabupaten Alor.
       Kali ini sekolah yang kami kunjungi adalah SMP/SMA PGRI Kalabahi.Sekolah ini memiliki siswa sebanyak 70 orang, SMP dan SMA. Bisa dikatakan kalau sekolah ini adalah sekolah satu atap. Mereka memiliki 4 bangunan ,3 bangunan berfungsi sebagai kelas dan yang satu nya sebagai kantor. Jika di lihat dari luar  sekolah ini bagus,karena memang bangunan sekolah nya yang baru.
        Kebanyakan siswa di sekolah ini berasal dari kalangan kurang mampu,bahkan bisa dikatakan 95% dari mereka berasal dari golongan tidak punya. Mereka memang memiliki seragam sekolah tapi banyak diantara mereka yang seragam nya sudah lusuh sampai warna putih seragam nya telah berubah menjadi warna kuning. Begitu juga dengan sepatu,banyak diantara mereka yang sepatu nya sudah tidak layak pakai tapi masih tetap dipakai. Ada juga yang malah betul betul bertelanjang kaki atau memakai sendal untuk pergi kesekolah. Namun demikian semangat mereka tidak pernah surut untuk tetap pergi ke Sekolah.
     
Mereka yang tetap semangat kesekolah walau hanya pakai sendal
            Adik adik di SMP/SMA PGRI ini sudah bersiap siap menunggu tim kita yang datang sekitar jam 12 siang. Mereka sebelum nya akan menerima sedikit penyuluhan tentang menyikat gigi dan mencuci tangan dari teman relawan yang berprofesi sebagai seorang dokter. Mereka mengikuti apa yang di peragakan oleh kakak kakak dokter dengan seksama. Mengikuti tata cara menyikat gigi dan mencuci tangan dengan semangat. Walaupun ditengah terik panas matahari. Mereka seperti tidak merasakan sengatan matahari yang sedang bersinar dengan garang nya.
            Akhirnya tiba waktu nya untuk hidangan utama yaitu pembagian sepatu yang sudah di janjikan. Dari 70 siswa yang hadir ada 66 orang. 2 diantara nya sakit dan masih di opname di RSUD sedangkan yang 2 lagi ijin. Mereka sangat antusias menunggu nama mereka dipanggil kedepan untuk menerima sepatu. Terlihat wajah wajah mereka yang berseri seri ketika teman yang lain sudah dipanggil. Wajah wajah tersenyum yang membuat kakak kakak sukarelawan menjadi terharu. Walaupun ada sedikit miss ukuran sepatu secara garis besar acara kemarin(03/3) berjalan dengan lancar. Selanjut nya kami akan mencari sekolah sekolah lain untuk berbagi.
          Btw, kami bukanlah yayasan dan tidak berada dibawah yayasan apapun, hanya sekumpulan perantau yang merasa tergerak melihat kondisi adik adik disini yang walaupun tanpa alas kaki tapi tetap semangat untuk berangkat ke Sekolah. Pda awalnya kami mengumpulkan dana dari mulut kemulut,kenalan tapi sekarang kami mulai menyebarkan pamfleet yang di share di media sosial masing masing. Setelah dana terkumpul,sepatu di beli dan sekolah yang akan menerima bantuan sudah di survey maka kami akan langsung membagikan sepatu ke sekolah yang dimaksud.
         Niat awal dari kelompok kami ini adalah #1000Sepatu tapi saya juga membuat gerakan yang bernama #1899Buku. Jadi mau menyumbang untuk sepatu atau buku bisa dipilih tergantung kepada para donatur. Beda dengan sepatu yang lebih disarankan untuk menyumbangkan dana maka untuk buku justru lebih disarankan langsung berupa buku. Karena di daerah sini tidak ada satupun toko buku. Paling dekat ke kupang dan itu pun masih jauh dari sini. 
         So,untuk emak emak ODOP yang baik hati,murah senyum dan tentu saja juga murah hati atau juga untuk kakak kakak mahasiswa serta si bontot yang selalu menceriakan dunia per-ODOPan jikalau ada rezeki dan ingin menyumbang untuk tabungan akhirat jangan sungkan sungkan ya. Kita dengan senang hati akan menyalurkan bantuan semua nya. Membantu memberikan senyum kepada adik adik disini adalah tujuan kami.
        Jika ada yang berminat dan berkeinginan untuk membantu bisa hubungi saya melalui WA : 082170928371 yaaa. Terima kasih sebelum nya. Salam dari adik adik di Alor!!!!



 

Komentar

  1. Wah.. Semoga amal kakak2 dinilai sebagai amal kebaikan dan menjadi sarana menuju surga kelak.. Aamiin..

    BalasHapus
  2. Semoga semangat adik-adik Alor terus terjaga, juga kakak-kakak yang baik hati

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alor,Heaven On Earth (Part 1)

Resensi Buku : Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur

Membunuh Rindu Part II