Alor,Heaven On Earth (Part 1)

       Alor adalah salah satu pulau terbesar yang berada di jajaran pulau terluar Indonesia. Tergabung dalam gugusan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Bersama kepulauan Alor tergabung Bali,Lombok,Sumbawa,Flores,Timor dan Pulau Tanimbar. Berdasarkan https://en.wikipedia.org/wiki/Alor_Island ke arah timur terdapat selat Ombai yang membentang antara Wetar dan Atauro merupakan perbatasan dengan Timor Timur. Ke selatan berbatasan dengan Selat Alor,ke utara terdapat Laut Banda sebagai perbatasan dan ke barat terdapat Pantar dan pulau pulau lain yang menjadi bagian dari gugusan sunda kecil. Alor memiliki luas lebih kurang 2800 km.
      Alor memiliki ibu kota yang bernama Kalabahi. Kalabahi merupakan satu satunya kota yang ada di kepulauan Alor.Berpenduduk sekitar 60000 jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2010. Alor merupakan daerah vulkanik dan mempunyai medan yang kasar. Hanya daerah sekitar Kalabahi yang mempunyai medan yang lebih datar sehingga dijadikan pusat segala kegiatan pada masa penjajahan Belanda.
Patung Pejuang Pusat Kota Kalabahi
                Kabupaten Alor terdiri dari 20 pulau yang mana 9 diantaranya sudah dihuni penduduk. 9 pulau yang sudah berpenghuni yakni: Pulau Alor,Pulau Pantar,Pulau Pura,Pulau Tereweng,Pulau Ternate,Pulau Buaya,Pulau Kangge dan Pulau Kura.11 pulau lainya yang belum berpenghuni yakni : Pulau Sikka,Pulau Kapas,Pulau Batang,Pulau Lapang,Pulau Rusa,Pulau Kambing,Pulau Watu Manu,Batu Bawa,Pulau Batu Ille,Pulau Ikan Ruing dan Pulau Nubu.
        Yang unik dari alor adalah mereka memiliki banyak sekali bahasa daerah.Ada Puluhan bahasa yang digunakan oleh suku yang mendiami perkampungannya. Disini juga banyak pakainan adatnya yang terbuat dari kulit kayu
Salah satu suku yang mempunyai pakaian adat berbahan dasar kayu.
           Kalabahi atau Alor secara umum dikenal dengan sebutan pulau kenari. Karena memang dulu banyak ditemukan pohon kenari di daerah ini. Sayang nya sekarang tidak lagi banyak yang mengembangkan kebun pohon ini.Selain kenari disini juga banyak ditemukan kacang mete,tamarind,vanilli dan juga almond.
     



Komentar

Postingan populer dari blog ini

1000 Buku Untuk Alor

Sahabat Alor, Tulta dalam Senyuman